Cari Blog Ini

Kamis, 16 Februari 2012

NASI GORENG DAN SATE MENJADI MAKANAN ENAK DI DUNIA


Solo — Di Kota Solo belakangan ini yang namanya restoran modern fast food yang menyediakan makanan ala Barat sudah begitu menjamur. Meski demikian, masih banyak juga Wong Solo yang fanatik akan makanan asli Indonesia, misalnya nasi goreng atau sate. “Kalau soal makanan favoritku tetep, Nasgor alias nasi goring,” ujar Bu Joko (50), pegawai senior di sebuah kampus ternama di Kota Bengawan kepada Timlo.net, baru-baru ini.
Maka, tidak perlu heran, bila Bu Joko ini mengetahui warung-warung Nasgor yang enak dan lezat, sesuai seleranya. “Kalau di Soloraya, Insyaallah semua warung Nasgor kami sudah pernah coba. Misalnya ada tugas kantor ke luar kota, maka yang saya cari pertama kali adalah Nasgor, walaupun teman-teman saya mencari kuliner khas kota tersebut,” tambahnya.
Bu Joko dan warga negara Indonesia boleh bangga, sebab nasi goreng ternyata diakui oleh Kantor Berita CNN, sebagai makanan terlezat di dunia. Survei yang baru-baru ini dilakukan CNN dengan melibatkan sekitar 35.000 responden, terutama melalui facebook juga menyebutkan, selain nasi goreng, makanan khas Indonesia yang juga banyak digemari adalah rendang (masakan khas Padang) serta sate.
Saat berkunjung ke Indonesia, beberapa waktu lalu, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama juga mengungkapkan beberapa makanan kesukaannya. Di antaranya nasi goreng, sate dan bakso.
Berbagai jenis masakan dari seluruh belahan dunia, disebutkan di jajak pendapat yang dilakukan CNN ini. Misalnya saja Goi cuon dari Vietnam yang menduduki posisi buncit ke-50 atau fettucini alfredo dari Italia di posisi 47. Ada pula fajitas dari Meksiko di posisi ke-43 dan kripik kentang ala Amerika di 37.
Makanan Indonesia pun tak kalah, terdapat tiga menu (nasi goreng, rendang dan sate) yang masuk dalam daftar tersebut. Namun dalam hal jumlah terbanyak jenis masakannya, Thailand lebih unggul.
Cnngo membuat jajak pendapat ini setelah diprotes banyak pembaca mengenai daftar 50 makanan terlezat yang mereka buat Juli lalu. Pasalnya, kesal karena makanan dalam daftar ba-nyak yang berasal dari Barat. Maka, dibuatlah jajak pendapat kedua ini.
Meski menjadi raja, jumlah makanan Indonesia kalah dengan asal Thailand yang amat gencar mempromosikan wisata, termasuk kuliner. Bahkan bisa jadi kita kalah selangkah karena Malaysia bahkan sudah menjajakan rendangnya ke Belanda.
"Setelah pembaca memilih rendang (dan nasi goreng) sebagai makanan paling enak di dunia, kami berpikir, ini saatnya memberikan kepercayaan pada masakan Indonesia untuk menjadi pusat perhatian," demikian Situs CNN.
CNN juga mengiming-imingi pembacanya dengan pengantar, bahwa masakan Indonesia mencakup mie yang direndam kuah superlezat, kari pedas yang rasanya nendang, ikan yang dibungkus daun pisang alias pepes, salad sayuran dengan saus kacang manis –yang kita kenal sebagai gado-gado atau pecel serta  martabak.

0 comments:

Posting Komentar

 
free search engine submission