Cari Blog Ini

Kamis, 16 Februari 2012

MAKANAN ADAT KARE AYAM BETAWI MULAI PUDAR

Makanan khas Betawi hampir sulit ditemui saat ini. Cita rasanya pun kebanyakan sudah agak bergeser, karena banyaknya campuran budaya.
Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi sekarang. Anda tetap bisa mencicipi resep khas Betawi bahkan dari dapur Anda sendiri.
Resep yang akan disampaikan berikut adalah resep kare khas Betawi. Biasanya kare Betawi ini berisi sayuran atau iga, namun kali ini akan diganti dengan ayam.
Coba dan bandingkan kare Betawi ini dengan kare ayam biasa!
Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah satu ekor ayam yang dipotong sesuai selera, 3 buah wortel dipotong kecil, 3 buah daun bawang diiris tipis, dan 200 ml santan kental.
Untuk bumbu halusnya, yang perlu disiapkan adalah 8 butir bawang putih, 1 ruas jari kunyit, dan 1 butir kemiri.
Bumbu lainnya adalah 1 batang serai yang dimemarkan, 1 ruas jari lengkuas, 2 lembar daun salam, 1 sendok teh garam, dan setengah sendok teh lada putih.
Haluskan bumbu halus hingga benar-benar halus. Siapkan panci di atas kompor, isi dengan 100 ml air, kemudian masukkan ayam, dan masak dengan api sedang hingga berkaldu.
Sementara itu, siapkan wajan di atas kompor dan beri minyak secukupnya untuk menumis. Nyalakan api sedang, kemudian masukkan bumbu halus, serai, lengkuas dan daun salam.
Tumis hingga harum. Setelah itu masukkan tumisan bumbu ke dalam panci kaldu ayam. Kemudian aduk hingga rata, biarkan hingga menididih lagi. Lalu masukkan wortel, dan daun bawang.
Kemudian tuangkan santan ke dalam panci, dan aduk-aduk terus hingga merata. Biarkan kare Betawi tersebut mendidih dan mengental. Sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.
Jika sudah mendidih dan mengental, artinya kare Betawi siap disajikan. Kare Betawi lebih enak disajikan selagi masih hangat.
Ditemani dengan nasi panas dan ditaburi dengan bawang goreng dan kerupuk. Sangat menggugah selera, dan memang agak berbeda dengan kare ayam biasa.

0 comments:

Posting Komentar

 
free search engine submission