Cari Blog Ini

Kamis, 16 Februari 2012

BIHUN GORENG DENGAN RESEPNYA YAG AMPUH

Bihun goreng ini bisa dimakan dengan lauk lain, tapi juga perfect untuk disajikan sendiri, seperti halnya nasi goreng atau mie goreng.
Pembuatannya kurang lebih sama dengan mie goreng, perbedaannya hanya pada jenis mie yang digunakan. Jadi jika punya resep mie goreng it should work for bihun atau di Inggris disebut rice noodle.
Seperti juga pasta Italia, meskipun bumbu dan cara memasak juga menentukan namun kunci enak tidaknya bihun ada pada kualitas bihun yang digunakan. Menurut pengalaman saya, bihun yang enak bisa dilihat dari penampilannya; lurus langsing (tidak bengkok-bengkok/bergelombang ) dan sedikit mengkilap (meskipun tidak semengkilap soun).
Bumbu yang saya pakai sangat sederhana, kecap, saus tiram, lada dan garam. Perlengkap lain tergantung selera dan tersediaanya bahan di rumah. Untuk sayuran saya menambahkan wortel yang dipotong korek api, daun bawang, seledri dan bawang goreng untuk taburan. Terkadang saya juga menambahkan cai sim (sawi hijau Cina yang biasa dipakai untuk olahan mie), untuk order khusus karena di London cai sim ini tidaklah murah.
Pelengkap yang lain biasanya saya memakai ayam suwir, telur dadar diiris tipis atau telur orak-arik dan sosis. Kadang ketiganya saya pakai semua atau salah satu atau dua diantaranya.

Resep Bihun

Bahan:

250 bihun  (rice noodle)
5 siung bawang putih (garlic)
Img_5144 5 sendok makan kecap manis (sweet soy sauce) --> bisa ditambah/dikurangi sesuai rasa manis yang diinginkan. Note: kecap juga berpengaruh pada warna bihun, makin banyak maka bihun yang dihasilkan makin gelap.
2 sdm saus tiram (oyster sauce)
1/2 sdt lada
1 sdt garam--> bisa ditambah/dikurangi sesuai selera
3 sendok makan minyak untuk menumis
Img_5161 Note: Bagi yang terbiasa dengan penyedap masakan/ Royco/ masako/ maggie, silakan saja kalau ingin ditambahkan. Di rumah kami masakan tidak memakai penyedap rasa.
Pelengkap:
6 buah sosis, iris tipis serong
2 potong ayam rebus/goreng , iris tipis atau suwir-suwir
3 telur, dadar tipis kemudaian iris-iris atau telur digoreng orak-arik dengan gumpalan agak besar
Img_5162 2-3 buah wortel, potong-potong bentuk korek api
5 batang cai sim potong -potong 2 cm
2 batang daun bawang (spring onion) potong 2 cm
1 batang seledri potong-potong kecil
3 sdm bawang merah goreng
Cara Membuat:
Siram bihun dengan air panas, tunggu beberapa saat sampai empuk tapi tidak terlalu lembek (biasanya di bungkusnya ada keterangan berapa lama untuk merendam dengan air panas), Tiriskan dan saya biasanya memotong-motongnya dengan gunting dapur untuk memudahkan ketika makan (tidak terlalu panjang).
Haluskan bawang putih dan lada (jika memakai lada butiran)
Panaskan minyak di wajan besar (wok), tumis bawang putih sampai layu dan wangi (jangan sampai coklat apalagi gosong), masukkan wortel, ayam dan sosis, dan telur orak-arik, aduk rata sampai layu.
--> jika memakai telur dadar iris, saya memakainya untuk taburan setelah bihun matang
Tambahkan kecap, saus tiram, garam, lada, daun bawang dan cai sim, aduk rata.
Masukkan bihun, terus aduk sampai bumbu merata dan meresap. Cicipi dan tambahkan garam/kecap/lada jika terasa kurang pas.
Matikan kompor lalu pindahkan bihun ke wadah saji.  Taburi dengan  telur dadar iris serta seledri dan bawang goreng.
Sajikan dengan cabai rawit atau saus sambal.
 

0 comments:

Posting Komentar

 
free search engine submission